Profile

KATA SAMBUTAN KEPALA UPTD LABKESDA KOTA BOGOR

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Om swastyastu,

Namo buddhaya,

Salam kebajikan,

Rahayu.

Dengan memanjatkan Puji syukur Kehadiran Allah SWT, atas segala limpahan dan karuniaNya kepada kami, sehingga dengan segala ke ikhlasan dan tanggung jawab, kami dapat memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat seluruh  masyarakat Bogor khususnya masyarakat Kota Bogor.

Atas nama pimpinan dan seluruh karyawan UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Bogor, mengucapkan selamat datang kepada seluruh  masyarakat Kota Bogor yang sudah meyempatkan waktu untuk melihat website Labkesda Kota Bogor, serta kunjungannya dan kepercayaannya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan pada UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Bogor.

Dalam kesempatan ini kami mengajak kepada seluruh  masyarakat Kota Bogor untuk lebih mengenal dan ikut serta berpartisipasi dengan memberikan informasi tentang profil UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Bogor, dimana Profil UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Bogor ini dapat digunakan sebagai sarana untuk memberi saran dan mengevaluasi terhadap pencapaian hasil pelayanan dan kinerja seluruh program dari unit pelayanan di UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) kami. Website ini juga berisi berbagai data/informasi baik jenis pelayanan. waktu pelayanan, biaya pelayanan, berita kesehatan, kegiatan Labkesda Kota bogor, naskah terkait penyelenggaraan laboratorium serta data yang menggambarkan situasi dan kondisi kesehatan masyarakat di wilayah kerja kami, yang dapat menjadi bahan masukan dan penyusunan perencanaan kegiatan program UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Bogor.

UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Bogor berusaha memberikan yang terbaik dalam pelayanan kesehatan baik didalam gedung maupun diluar gedung UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Bogor dan selalu siap mengikuti perkembangan, saran dan masukan dari masyarakat.

Akhir kata mohon maaf bila ada hal-hal yang belum berkenan dalam website ini dan  pelayanan kami kepada seluruh  masyarakat Kota Bogor.

Wasalam

Kepala UPTD Labkesda Kota Bogor

Dr. Selamat Djaya M.K.M

 

 

 

 

Unit Pelaksana Teknis Daerah Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Bogor (UPTD Labkesda Kota Bogor), sebagai salah satu pelayanan publik dalam bidang kesehatan adalah unit pelayanan laboratorium kesehatan  instansi pemerintah di bawah Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Bogor. Pada awal berdirinya tahun 1997, Labkesda merupakan bagian dari Subdin Pelayanan Medik Dinas Kesehatan Kota Bogor. Dalam perjalanannya, berdasarkan Surat Keputusan Walikota Bogor No. 27 Tahun 2004 tanggal 11 Januari 2005, statusnya diubah menjadi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).

Dalam organisasi penyelenggaraan kesehatan Pemerintah Kota Bogor, UPTD Labkesda Kota Bogor mempunyai tugas untuk menyelenggarakan jasa pengujian laboratorium klinik, kimia lingkungan, toksikologi, dan mikrobiologi (Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 3 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Kesehatan). Sejak 1 Desember 2007, UPTD Labkesda berkomitmen melakukan kegiatan pengujian sesuai dengan persyaratan sistem manajemen mutu ISO/IEC 17025 : 2005. Keberhasilan penerapan sistem manjemen mutu tersebut ditandai dengan diterimanya sertifikat akreditasi sebagai laboratorium penguji dari Badan Standardisasi Nasional-Komite Akreditasi Nasional (BSN-KAN) dengan nomor akreditasi LP-443-IDN pada tanggal 19 Februari 2010.

Berdasarkan jenis pelayanannya, UPTD Labkesda Kota Bogor terdiri dari laboratorium klinik dan laboratorium kesehatan masyarakat. Menurut Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) RI Nomor 364/MENKES/SK/III/2003 yang dimaksud dengan laboratorium klinik adalah laboratorium kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan di bidang hematologi, kimia klinik, mikrobiologi klinik, parasitologi klinik, imunologi klinik, patologi anatomi dan atau bidang lain yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan perorangan terutama untuk menunjang upaya diagnosis penyakit, penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. Laboratorium kesehatan masyarakat adalah laboratorium kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan di bidang mikrobiologi, fisika, kimia dan atau bidang lain yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan masyarakat dan kesehatan lingkungan terutama untuk menunjang upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan masyarakat.

VISI & MISI UPTD LABKESDA KOTA BOGOR

periode : 2022-2026

 

Visi 

"Menjadi SMART Laboratorium"

Misi

- Mewujudkan Laboratorium yang Berkualitas

- Mewujudkan Laboratorium yang Terjangkau

- Mewujudkan Laboratorium yang Berdaya Guna

MOTTO UPTD LABKESDA KOTA BOGOR

"Terjangkau dan Terpercaya"

BerAKHLAK

BERoroentasi Pelayanan

1. Memahami dan memenuhi kebutuhan msyarakat.

2. Ramah, Cekatan, Solutif, dan dapat diandalkan.

3. Melakukan perbaikan tiada henti.

Akuntabel

1. Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi.

2. Menggunakan kekayaan dan abarang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien.

3. Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

Kompeten

1. Meningkatakan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah.

2. Membantu orang lain belajar.

3. Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

Harmonis

1. Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.

2. Suka menolong orang lain.

3. Membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Loyal

1. Memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

2. Setia Kepada NKRI serta pemerintahan yang sah.

3. Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

Adaptif

1. Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan.

2. Trus berinovasi dan mengembangkan kreativitas.

3. Bertindak proaktif.

Kolaboratif

1. Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi.

2. Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah.

3. Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

Responsive image

 DATA KETENAGAAN UPTD LABKESDA TAHUN 2021

Tenaga Kerja     

Jumlah

 

PNS

12

Sukwan

11

 

Tenaga

Jumlah

Kepala UPTD

1

Kepala TU

1

Dokter Konsultasi

1

Koordinator Mutu

1

Koordinator Teknis Klinik

1

Koordinator Teknis Kesmas

1

ATLM

8

Analis Kimia Kesehatan

3

Kesling

1

Staf Administrasi

2

Staf Kebersihan

3